Studi Tiru Pengembangan Smart City, DPRD bersama OPD Rembang Kunjungi Bumi Projotamansari

Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Bantul mendapatkan kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Rembang bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rambang, Jumat (21/01) siang, di Ruang Mandala Saba Madya, Gedung Induk lantai 3 Komplek Parasamya, Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul, Ir. Fenty Yusdayati, M.T. beserta jajaran turut menerima kunjungan rombongan, mendampingi Bupati Bantul bersama dengan beberapa jajaran pimpinan OPD. 

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Rembang, Mashadi, S.Pd., MM, selaku ketua rombongan, dalam sambutannya mengatakan, kunjungan kerjanya ke Bantul dalam rangka studi tiru pengembangan Bantul sebagai smart city. Kabupaten Bantul sendiri telah menjalankan program smart city sejak tahun 2018, sementara Kabupaten Rembang, di tahun 2022 ini baru menjadi 50 kabupaten/kota yang mendapatkan pendampingan dari Kominfo pusat dalam program gerakan menuju kota cerdas. 

Agar tetap sejalan dengan arah pembangunan Kabupaten Bantul, Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul memproyeksikan visi misi Pemerintah Kabupaten Bantul dalam enam dimensi smart city. Sementara itu, master plan smart city tertuang dalam Peraturan Bupati Bantul Nomor 93 Tahun 2020.

Kabupaten Bantul mengalokasikan APBD sebesar 3,05% untuk program smart city. Selain APBD, pembiayaan alternatif untuk implementasi smart city bersumber dari hibah, CSR, dana desa, swadaya, dana perisai BPJS, dan dana BTT Covid. Dalam menyukseskan program ini, seluruh perangkat daerah terlibat secara aktif, dibuktikan dengan rencana strategis (Renstra PD) yang telah memuat program dan kegiatan yang mendukung program kerja smart city. 

Sampai tahun 2021 kemarin, terdapat 127 program dalam 6 dimensi smart city, meliputi smart living, smart governance, smart branding, smart economy, smart society, dan smart environment. Inovasi program yang dibuat menghantarkan Kabupaten Bantul mendapatkan predikat indeks terbaik dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tingkat kabupaten/kota se-Indonesia. (diskominfo.bantul)

Pos Terbaru :