Atasi Blank Spot, Lurah Dlingo Tandatangani Perjanjian Kerjasama Infrastruktur Jaringan

Sebagai tindaklanjut kebutuhan fasilitas teknologi informasi terutama internet yang semakin mendesak di Kalurahan Dlingo, pada Hari Selasa (09/05/2023) dilaksanakan Penandatanganan Kesepakatan antara Dinas Kominfo dengan Pemerintah Kalurahan Dlingo terkait Pengelolaan Infrastruktur Jaringan Internet/Intranet di Wilayah Kalurahan Dlingo, yang bertempat di Gedung Pertemuan Kalurahan Dlingo.

Surat kesepakatan ini dibuat sebagai pengembangan fasilitas internet yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kominfo agar lebih optimal lagi, mengingat saat ini beberapa wilayah di Kalurahan Dlingo masih belum bisa mengakses internet (blank spot).

Sejak Tahun 2020, Kalurahan Dlingo sudah bekerjasama dengan Dinas Kominfo dalam hal fasilitasi internet. Hingga saat ini sudah terdapat empat menara dan sepuluh titik wifi publik yang tersebar di seluruh padukuhan di Kalurahan Dlingo. 

Lurah Dlingo Agus Purnomo mengucapkan terimakasih atas perhatian dari Dinas Kominfo dalam mendukung infrastruktur jaringan di kalurahannya. Dirinya berharap dukungan infrastruktur jaringan di Kalurahan Dlingo akan lebih optimal lagi, sehingga terwujud Kalurahan Dlingo Merdeka Internet pada Tahun 2024. 

Panewu Anom Kapanewon Dlingo, Suharno yang hadir dalam acara tersebut juga mendukung adanya fasilitas internet yang lebih memadahi di Kapanewon Dlingo. Mengingat saat ini selain blank spot, Kapanewon Dlingo juga sedang mengembangkan beberapa objek wisata.

“Saat ini di Kapanewon Dlingo sedang dilakukan pengembangan wisata, hal tersebut pasti sangat membutuhkan dukungan infrastruktur teknologi, sehingga tidak hanya di Kalurahan Dlingo saja, tetapi kami berharap akan dilakukan optimalisasi dukungan infrastruktur di semua kalurahan di wilayah Kapanewon Dlingo,” harap Suharno.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, Bobot Ariffi’aidin, S.T., M.T. dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Lurah Dlingo yang telah berperan aktif dalam memajukan infrastruktur teknologi informasi di Kalurahan Dlingo. 

“Kalurahan Dlingo menjadi kalurahan pertama yang melakukan kerjasama fasilitasi infrastruktur jaringan dengan Dinas Kominfo. Saat ini Kabupaten Bantul masuk peringkat sepuluh besar Kabupaten Smart City di Indonesia. Peringkat ini tidak bisa dipertahankan tanpa dukungan seluruh stakeholder dan seluruh masyarakat di Kabupaten Bantul,” pungkas Bobot. (https://diskominfo.bantulkab.go.id/)

Pos Terbaru :