Pencapaian Indeks SPBE Tinggi, Pemkab Bantul Bawa Pulang Piala dalam Digital Government Award

Pemerintah Kabupaten Bantul berhasil meraih penghargaan sebagai daerah dengan pencapaian indeks SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang tinggi dalam Digital Government Award atau SPBE Summit 2023 pada Senin (20/3/2023). Penghargaan yang diterima langsung oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, ini diserahkan oleh Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas beserta Menteri Menko Marvest, Luhut Binsar Panjaitan.

“Indeks SPBE kita tergolong tinggi dan terbaik di Indonesia. Terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mengusahakan hal ini sehingga mendorong peningkatan terwujudnya Bantul sebagai smart city. Harapannya tentu agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan demi Bantul yang lebih maju," ujar Halim usai menerima piala.

Sementara itu, Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas berpesan bahwa kunci kemudahan maupun kecepatan pelayanan publik terletak pada teknologi dan digitalisasi. Ia mencotohkan bagaimana Denmark masih bertengger di urutan nomor satu dunia soal indeks SPBE. Indeks SPBE yang tinggi ini nyatanya juga berdampak pada aspek pelayanan yang lain.

"Denmark itu indeks SPBE-nya nomor satu. Pada akhirnya yang lain mengikuti. Kemudahan berusaha atau berinvestasi jadi bagus. Begitu pula dengan indeks persepsi korupsi dan penegakan hukum. Semuanya mengikuti," ujarnya.

Kendati demikian, sistem pemerintahan berbasis elektronik bukan berarti tiap pemerintahan beramai-ramai untuk membuat ratusan hingga ribuan aplikasi. Sebagaimana arahan Presiden Jokowi untuk menciptakan pelayanan digital yang efektif dan efisien, layanan digital pemerintah harus terpadu dan tidak merepotkan publik.

Hal ini berkaca pada laporan aduan layanan digital pemerintah digital sejak tahun 2020 - 2022, terdapat 10.799 aduan di mana layanan digital pemerintah belum berjalan optimal. Oleh sebab itu, SPBE Summit 2023 juga menjadi ajang untuk menegaskan moratorium pembangunan aplikasi dan mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi. (Els/https://diskominfo.bantulkab.go.id/)

Pos Terbaru :