Dukung Transformasi Digital, Bantul Luncurkan SINOMAN TIBAN dan Portal Data 3.0

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah suatu penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara terpadu dan berkelanjutan. Permasalahan dalam penyelenggaraan SPBE yaitu SDM yang belum memiliki kapabilitas dalam penerapan SPBE sebagai budaya kerja sehari-hari. Oleh karena itu, peran manajemen pengetahuan sangat diharapkan dapat membangun kecerdasan kolektif antar lembaga pemerintahan pusat dan daerah, serta menguatkan kolaborasi pentahelix untuk melahirkan inovasi pelayanan kepada masyarakat, sehingga manajemen pengetahuan mampu meningkatkan kualitas pelayanan.

SINOMAN TIBAN (Sistem Informasi Manajemen Layanan dan Pengetahuan Menuju Transformasi Digital Bantul). Aplikasi SINOMAN TIBAN merupakan sebuah sistem yang mengelola pengetahuan untuk mendukung transformasi digital di Kabupaten Bantul. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas, pengelolaan, dan pemanfaatan aset intelektual. Sejalan dengan SINOMAN TIBAN, Pemerintah Kabupaten Bantul juga berupaya membangun sistem informasi yang mendukung implementasi SPBE khususnya pada aspek manajemen data dan layanan data terbuka yaitu Portal Data Bantul.

Pada Rabu (22/11/2023) digelar Launching Sistem Manajemen Pengetahuan Menuju Transformasi Digital Bantul (SINOMAN TIBAN) dan Portal Data Bantul versi 3.0 Mendukung Implementasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) di KJ Hotel Yogyakarta.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul, Bobot Ariffi’ Aidin, S.T., M.T., mengatakan bahwa Transformasi Digital Bantul bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan; menyediakan akses mudah dan cepat terhadap informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan; dan mempercepat transformasi menuju pemerintahan yang berbasis elektronik.

“Sistem Manajemen Pengetahuan Menuju Transformasi Digital Bantul (SINOMAN TIBAN) dan Portal Data Bantul versi 3.0 yang akan diluncurkan/dilauncing ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Bantul,” ujar Bobot.

Selanjutnya Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi atas diluncurkannya aplikasi SINOMAN TIBAN dan Portal Data Bantul versi 3.0 untuk mendukung transformasi digital di Pemerintah Kabupaten Bantul.

“Pemerintah daerah di seluruh Indonesia saat ini dituntut untuk menerapkan transformasi digital melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik untuk mempercepat proses pengambilan keputusan. Berdasarkan definisinya, SPBE adalah sebuah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan terhadap pengguna SPBE, bisa publik, masyarakat, maupun pemerintah untuk mempercepat proses pengambilan keputusan dan program kegiatan,” ungkap Halim. (https://diskominfo.bantulkab.go.id/)

Pos Terbaru :