Bimtek Admin Website Kalurahan untuk Hadapi Era 4.0

Dalam rangka meningkatkan kapasitas admin website dan media sosial kalurahan se-Kabupaten Bantul dalam menghadapi era digital 4.0 ini, Dinas Kominfo Bantul menggelar Bimtek Admin Website Kalurahan. Acara ini digelar selama tiga hari, 21-23 November 2023 di Sekar Mataram Bangunjiwo untuk kalurahan dibagian Bantul barat, Djempol Ndeso untuk kalurahan dibagian Bantul tengah, dan Joglo Opak Singosaren untuk kalurahan dibagian Bantul Timur.

Dengan menghadirkan narasumber dari Balai Bahasa Yogyakarta, admin website dan media sosial kalurahan diberikan pengarahan terkait Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia ini tentu saja mengacu pada kaidah EYD terbaru.

“Harapannya materi yang akan didapatkan dari bimtek ini nantinya dapat diterapkan dalam mengelola website dan media sosial masing-masing kalurahan,” ujar Sri Mulyani, S.E., Subkoordinator Pemberdayaan dan Kemitraan Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik saat memberikan sambutan.

Selain materi terkait bahasa yang baik dan benar, Balai Bahasa Yogyakarta juga memperkenalkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring untuk membantu admin dalam membuat release atau postingan yang sesuai dengan kaidah.

Tak hanya itu, Dinas Kominfo juga menghadirkan kreator-kreator Pemkab Bantul untuk memberikan materi terkait pembuatan konten. Diantaranya teknik pengambilan video dengan gawai, pembuatan konsep konten, musik yang digunakan, hingga jenis perangkat yang dapat digunakan dalam pembuatan konten.

“Kunci dalam pembuatan konten ialah ‘Konsisten’ dan ‘Mulai Aja Dulu’,” ujar salah satu kreator. (https://diskominfo.bantulkab.go.id/)

Pos Terbaru :