Dimensi Smart Governance



Aplikasi berbasis web, yang dengan fitur :
- menampilkan titik reklame Baliho, Billboard, videotron/megtaron yang masih berlaku
- menampilkan titik reklame Baliho, Billboard, videotron/megtaron sudah habis masa berlaku dan belum diperpanjang dalam waktu 2 bulan terakhir
- media pengaduan reklame berizin yang tidak sesuai ketentuan peraturan
- media pengaduan reklame belum berizin

AKSI MESRA adalah inovasi yang telah diluncurkan untuk memudahkan warga dalam mengurus berbagai keperluan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan berbagai layanan lainnya.

Pelayanan penerbitan Akta Kematian yang diberikan pada saat upacara pemakaman/ sebelum jenazah dimakamkan.

Akte Kematian Sehari Jadi adalah layanan pengantaran dokumen administrasi kependudukan bagi warga yang meninggal, di mana akta kematian disampaikan langsung kepada ahli waris pada hari yang sama.

AngkotKu merupakan aplikasi pendaftaran dan perizinan angkutan umum secara online. Melalui aplikasi ini, proses administrasi perizinan angkutan menjadi lebih cepat, transparan, dan mudah diakses oleh masyarakat maupun penyedia jasa angkutan. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik di bidang transportasi serta mendukung modernisasi sistem perizinan.

Bantulpedia merupakan sebuah platform yang mengintegrasikan beberapa aplikasi layanan publik dan layanan administrasi pemerintahan (30 Aplikasi) secara digital yang berbasis website dan mobile (Android & iOS). Sejak awal peluncurannya hingga saat ini telah diunduh sebanyak lebih dari 5.000 pengguna Android dan 200 pengguna iOS. Aplikasi ini dibangun untuk mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan layanan publik.

Aplikasi ini untuk memudahkan menginput batas desa, Kapanewon dengan sekaligus mengetahui toponiminya.

Aplikasi Dukcapil Smart merupakan aplikasi berbasis mobile yang dapat digunakan masyarakat Bantul untuk mengajukan layanan administrasi kependudukan.

Aplikasi ini untuk membantu Pemerintah Kalurahan dalam pembuatan RAB, RKK, RKP, APBKal, Penjabaran APBKal. Pamong Kalurahan tinggal membuat RAB mendapatkan beberapa administrasi yang diwajibkan kepada pemerintah kalurahan. e-RAB ini di buat karena Sistem Keuangan Desa yang difasilitasi oleh KEMENDAGRI baru dirilis sekitar bulan Desember, sehingga untuk proses evaluasi kapanewon waktu yang diperlukan tidak mencukupi yang mengakibatkan hasil evaluasi dari kapanewon tidak maksimal.

Portal data terbuka Kabupaten Bantul berisi data geospasial dari seluruh perangkat daerah Kabupaten Bantul dan instansi vertikal di Kabupaten Bantul yang dapat diakses secara terbuka dan dikategorikan sebagai data publik, dimaksudkan untuk memperbaiki tata kelola data demi terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pemerintah Kabupaten Bantul, serta mendukung pembangunan daerah.

Aplikasi manajemen surat adalah inovasi aplikasi yang mengelola surat dari pencatatan dokumen surat hingga pengiriman dokumen surat.

Aplikasi Penanda Keistimewaan Imogiri merupakan aplikasi berbasis digital yang dikembangkan dengan tujuan agar dapat memberikan informasi seputar Makam Raja Mataram Imogiri yang lengkap dan mudah diakses melalui teknologi digital QR Code pada situs Penanda Keistimewaan Makam Raja Mataram Imogiri.

Portal data terbuka Kabupaten Bantul berisi data statistik sektoral dari seluruh perangkat daerah Kabupaten Bantul dan Instansi Vertikal di Kabupaten Bantul yang dapat diakses secara terbuka dan dikategorikan sebagai data publik, dimaksudkan untuk memperbaiki tata kelola data demi terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pemerintah Kabupaten Bantul, serta mendukung pembangunan daerah.

Wadah data yang terdiri dari data penghuni sampai dengan data pembayaran yg meliputi ketetapan retribusi, rekap transaksi pembayaran. Hal ini diawali dengan administrasi rusunawa yang belum baik sehingga sulit untuk melihat data terkait penghuni maupun pembayarannya.

Aplikasi SEMAKIN untuk memudahkan Bappeda dalam melakukan monev tanpa harus ke lapangan. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi-informasi bantuan terkait penanggulangan kemiskinan yang dikelola oleh pemerintahan daerah secara paralel, menampilkan peta secara detail mengenai data warga miskin berdasarkan nomor KK, menampilkan informasi bantuan apa saja yang diterima oleh setiap kepala keluarga, menerima input posisi dan foto rumah keluarga miskin melalui aplikasi mobile dan tersimpan langsung ke server, memudahkan untuk melakukan updating data master kemiskinan, dan dapat diakses oleh masyarakat umum untuk fitur informasi agregat mengenai kemiskinan secara umum.

Platform Digital Layanan Masyarakat Berbasis Android Smartphone. Aplikasi SIADES PRIMA ini merupakan aplikasi pelayanan masyarakat sejak tahun 2017. Dengan demikian masyarakat dapat lebih cepat mendapatkan pelayanan.

Aplikasi Sinoman merupakan inovasi digital yang dikembangkan sebagai wujud nyata dari manajemen layanan dan manajemen pengetahuan.

Melalui aplikasi ini, diharapkan tercipta sistem pelayanan yang lebih terstruktur, efisien, dan transparan, sekaligus menjadi media untuk mengelola serta mendistribusikan pengetahuan secara lebih efektif di lingkungan kelembagaan.

Aplikasi Web Desa Kalurahan Sumbermulyo merupakan platform digital yang dikembangkan untuk mempermudah pelayanan dan akses informasi bagi masyarakat. Melalui aplikasi ini, warga dapat memperoleh berbagai informasi terkait administrasi, kegiatan kalurahan, hingga layanan publik secara cepat dan transparan. Kehadiran aplikasi ini menjadi langkah inovatif menuju pelayanan berbasis teknologi yang lebih modern dan efisien

SOBAT KARIR (Sistem Online Bantul Asesmen Terpadu dan Pengembangan Karir) adalah suatu aplikasi yang membantu dalam proses pemetaan potensi dan kompetensi (Manajerial dan Sosial Kultural) pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul. Aplikasi ini sangat membantu dalam proses Manajemen Talenta di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul. Hal tersebut dikarenakan salah satu aspek yang digunakan sebagai pertimbangan karir pegawai dalam proses Manajemen Talenta adalah kompetensi.

Program ini bertujuan untuk menerima dan menanggapi aduan masyarakat secara cepat melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Dengan sistem pelayanan 24 jam, program ini diharapkan dapat mempercepat respons terhadap laporan masyarakat serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Program Bantul Innovation Award (BINA) merupakan ajang kompetisi inovasi yang diselenggarakan di Kabupaten Bantul dengan melibatkan berbagai kategori, mulai dari perangkat daerah, dunia pendidikan, masyarakat, hingga umum. Melalui program ini, diharapkan lahir ide-ide kreatif dan solusi inovatif yang dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik, pembangunan daerah, serta pemberdayaan masyarakat. BINA juga menjadi wadah apresiasi bagi para inovator yang berkontribusi nyata dalam memajukan Bantul

Barcode untuk Kritik, Saran, dan Keluhan merupakan inovasi pelayanan yang memudahkan masyarakat dalam menyampaikan masukan kepada kalurahan. Dengan hanya melakukan scan barcode, warga dapat langsung menyalurkan kritik, saran, maupun keluhan secara cepat dan praktis. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat serta memperkuat komunikasi dua arah antara pemerintah kalurahan dan warganya.

layanan atau komitmen pemerintah kabupaten bantul guna memudahkan wajib pajak dalam pelaporan dan pembayaran pajak daerahnya. Hal ini muncul dikarenakan luas wilayah di Kabupaten Bantul dengan kontur tanah dari dataran rendah sampai dataran tinggi, pedesaan dan perkotaan, dan masih banyak yang belum familiar dengan perbank kan memunculkan kendala dalam melakukan pembayaran Pajak Daerah, dengan beberapa alasan yaitu tempat pembayaran yang jauh, tidak memiliki tabungan di bank A, dan biaya administrasi di bank A terlalu mahal. Sehingga Pemerintah kabupaten Bantul dalam hal ini memperbanyak perjajian kerjasama atas tempat pembayaran Pajak Daerah serta dengan nominal pembayaran lebih dari 50.000.000, sehingga wajib pajak di Kabupaten Bantul lebih banyak pilihan dalam melakukan melakukan kewajiban pembayaran pajak daerahnya.

CSmartmedia merupakan aplikasi pertanahan yang digunakan untuk digitalisasi letter C di kalurahan. Inovasi ini membantu meningkatkan ketertiban administrasi, mempermudah akses data, serta mendukung transparansi pengelolaan aset desa.

Dermaga Segoroyoso merupakan wadah mediasi yang dibentuk untuk membantu menyelesaikan permasalahan warga secara damai dan musyawarah. Melalui forum ini, masyarakat dapat menyampaikan persoalan yang dihadapi, kemudian difasilitasi untuk mencari solusi bersama dengan prinsip kekeluargaan. Kehadiran Dermaga Segoroyoso diharapkan mampu menjaga kerukunan, menciptakan rasa aman, serta memperkuat persatuan warga.

Digitalisasi pelayanan publik adalah pelayanan publik yang memanfaatkan teknologi informasi. Digitalisasi pelayanan publik dapat membuat pelayanan menjadi lebih mudah, praktis, transparan, dan efisien.

Di Potorono telah dilakukan sosialisasi digitalisasi administrasi kependudukan. Selain itu, Potorono juga telah melakukan digitalisasi warkah, integrasi data, dan layanan online.

Digitalisasi Surat dan Kearsipan merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan mempermudah proses administrasi persuratan serta pengelolaan arsip di kalurahan. Dengan pemanfaatan teknologi digital, penyimpanan dokumen menjadi lebih rapi, aman, dan mudah diakses kembali saat dibutuhkan. Inovasi ini mendukung peningkatan efisiensi kerja aparatur sekaligus memberikan pelayanan yang lebih cepat dan transparan kepada masyarakat.

e-Lastri (Layanan Administrasi Terpadu Srimulyo) adalah fitur kemudahan pelayanan administrasi kalurahan yang diberikan kepada warga masyarakat tanpa harus datang langsung ke kantor pelayanan kalurahan. Ini menjadi menarik, khususnya bagi warga masyarakat yang sibuk bekerja sehingga tidak memi l i k i wa k tu cukup untuk meninggalkan pekerjaan untuk mengurus persuratan. Warga masyarakat yang telah menginstall aplikasi ini dapat memilih, mengisi form permohonan surat dan mengirimkannya kepada operator kalurahan.

E-Ponirah merupakan sistem pengadaan barang/jasa di Kalurahan Srimulyo yang dirancang untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas. Melalui sistem ini, proses pengadaan dapat berjalan lebih terbuka, tertib, dan efisien. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan E-Ponirah dalam pembangunan jalan desa, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari proses yang transparan dan tepat sasaran.

Inovasi digitalisasi pasar dengan penerapan pembayaran retribusi pelayanan pasar melalui aplikasi pembayaran retribusi.

Portal untuk pembayaran retribusi persampahan secara online. Pembayaran retribusi sampah dengan bekerjasama dengan Bank BPD DIY, GOJEK (Gopay).

el-Sultan ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada pemohon yang akan mengusulkan proses mutasi ke Kabupaten Bantul. Dengan sistem ini, pemohon dapat mengajukan usul mutasi secara online melalui sistem informasi yang dibangun oleh BKPSDM yang akan terintegrasi dengan e-Surat Bantul (SURBAN). el-Sultan dapat diakses melalui https://asn.bantulkab.go.id/elsultan/. Benefit yang didapat dengan dikembangkannya sistem informasi usul mutasi PNS antar instansi pemerintah diantaranya yaitu:

  1. Pemohon melakukan pemberkasan dokumen secara digital;
  2. Pemohon memahami prosedur pengajuan usul mutasi dengan mengikuti alur sistem yang tersedia sehingga pemohon tidak akan mengirimkan dokumen ke alamat yang salah;
  3. Pemohon dapat mengetahui dokumen syarat mutasi telah lengkap sesuai syarat mutasi baik dari sisi jenis dokumen peryaratan maupun pengesahan dokumen yang dilakukan oleh pejabat yang berwenang;
  4. Pemohon dapat memperoleh informasi dan memonitor perkembangan proses usul mutasi yang diajukan (mail tracking);
  5. Pemohonan dapat menentukan jadwal pelaksanaan assessment;
  6. Bagi petugas pelayanan hal ini dapat memudahkan dalam mengontrol dan memverifikasi berkas usul mutasi.

E- Survey IKM merupakan sistem untuk melakukan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik secara online. E-Survei IKM dapat diakses melalui https://skm.bantulkab.go.id/opd-6ea9ab1baa0efb9e19094440c317e21b.asp 

Pelaporan Pajak Daerah Self Assessment oleh Wajib Pajak Hotel, Restoran, Hiburan dan Parkir melalui Aplikasi Berbasis Web Service.

FAMOUS bertujuan membantu masyarakat yang sedang berproses perizinannya atau bahkan yang sedang terdampak terhadap suatu proses perizinan. Koordinasi dengan melibatkan semua stakeholder lebih memudahkan dan mempercepat penyelesaian masalahnya.

Manfaat Inovasi FAMOUS adalah:

  1. Sebagai trouble shooter dalam membantu pemohon/investor dalam menyelesaikan proses perizinannya;
  2. Mempercepat dan mendukung upaya peningkatan capaian realisasi investasi;
  3. Membangun sinergi dan kolaborasi dengan OPD/K/L lainnya untuk pelayanan yang lebih sederhana, cepat dan mudah;
  4. Menumbuhkan citra pelayanan yang positif, responsive, respect dan dekat dengan masyarakat/pelaku usaha.

GAMPIL merupakan pengembangan dari inovasi sebelumnya yaitu inovasi pelayanan perizinan keliling yang terbit dalam satu hari yang disebut Paket Sari dengan pemohon difokuskan di wilayah kecamatan terdekat dengan lokasi Paket Sari berupa layanan penerbitan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dalam satu hari. Paket Sari dikembangkan menjadi GAMPIL mulai Tahun 2021 karena layanan sudah bertambah bukan hanya perizinan berusaha melalui OSS dan non berusaha tetapi juga mencakup layanan lainnya seperti konsultasi perizinan dan permasalahan berkaitan perizinan.

Manfaat GAMPIL adalah:

  1. Menerbitkan NIB atau Izin dalam satu jam;
  2. Memberi pemahaman kepada masyarakat untuk sadar berizin untuk usahanya;
  3. Meminimalisir pengurusan izin lewat calo;
  4. Mendekatkan pelayanan izin kepada pemohon Izin (daerah-daerah pelosok, minus teknologi dan kantong kemiskinan);
  5. Memberikan kemudahan pelayanan perizinan bagi masyarakat; dan
  6. Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai nilai-nilai budaya SATRIYA.

DPMPTSP Bantul melalui inovasi GEPLAK (Gerakan Pendampingan LKPM) memberi pendampingan bagi pelaku usaha, utamanya menengah dan besar, dalam melaporkan LKPM ke sistem OSS Indonesia, agar data yang diajukan merupakan data valid yang benar.

Inovasi GEPLAK juga mendukung tercapainya misi ketiga Kabupaten Bantul yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Bantul Tahun 2021-2026 (Peraturan Daerah Kabupaten Bantul No. 6 Tahun 2021) yaitu “Pendayagunaan potensi lokal dengan penerapan teknologi dan penyerapan investasi berorientasi pada pertumbuhan ekonomi inklusif”

GERAKAN CINTA ANAK BANTUL merupakan inovasi untuk mencapai kegiatan Bantul Layak anak, didalamnya terdapat aplikasi Sistem Informasi Media Evaluasi Percepatan Kabupaten Bantul Layak Anak.

Pengelolaan PBB, Layanan Mandiri (Pelayanan persuratan dengan TTE), Sistem Pelaporan pamong, Agenda Kegiatan,  Laporan pelaksanaan kegiatan, Simpeg, dan semua terintegrasi

inovasi yang bertujuan untuk mempermudah layanan masyarakat di Kalurahan Srihardono berupa website dan sosial media.

Integrasi Kemiskinan dengan Kependudukan merupakan inovasi pengelolaan data dengan cara mengintegrasikan aplikasi kemiskinan ke dalam basis data kependudukan. Melalui sistem ini, pendataan warga miskin menjadi lebih akurat, transparan, dan mudah diakses, sehingga program bantuan sosial maupun kebijakan pembangunan desa dapat lebih tepat sasaran.

Intensifikasi PBB P2 merupakan upaya kalurahan untuk mendorong percepatan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) oleh masyarakat. Program ini dijalankan agar target pelunasan dapat tercapai lebih awal, yaitu pada bulan Maret. Melalui intensifikasi ini, masyarakat didorong untuk lebih sadar kewajiban pajak, sekaligus mendukung peningkatan pendapatan daerah yang akan digunakan untuk pembangunan dan pelayanan publik.

Program Internet Sentuh Padukuhan menjangkau 22 (dua puluh dua) padukuhan sehingga saat ini banyak titik-titik wifi hostspot yang dapat dimanfaatkan warga masyarakat untuk belajar, digital marketing, dan sebagainya yang memanfaatkan internet sebagai media perantara.

Kegiatan ini didukung oleh Dinas Kominfo Kabupaten dan DIY melalui penyediaan bandwidth secara gratis oleh pemerintah daerah dan penyediaan sarana transmisi berupa fiber optik ke titik-titik kapanewon yang selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh kalurahan-kalurahan di Bantul, tidak terkecuali Srimulyo yang bahkan memiliki inisiatif meratakan akses jaringan ini sampai ke titik-titik padukuhan dengan biaya pengadaan peripheral menggunakan Dana Desa.

Layanan administrasi kependudukan yang terintegrasi diperuntukan bagi penduduk rentan yang mengalami hambatan dalam memperoleh dokumen bekerjasama dengan dinas sosial, panti, RS, kalurahan, serta LPKA , LKSA

Jalur Utama (backbone) fiber optik di Wilayah Pemerintah Kabupaten Bantul terbangun dengan Topologi Ring (cincin) yang memiliki kelebihan yaitu mudah dalam pengaturan traffic dan distribusi bandwidth, redundancy atau jalur jaringan alternatif dan peningkatan kualitas jaringan.

Jaring Aspirasi Masyarakat DPRD: Layanan Pengajuan Rancangan Produk Hukum Layanan Jaring Aspirasi.

Sarana yang memberikan layanan informasi produk hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, penyusunan usulan produk hukum serta proses konsultasi masyarakat dan ASN terkait hukum.

Jempol Landep merupakan inovasi dalam rangka mempermudah pelayanan adminduk untuk kaum difabel di kapanewon Sedayu.

Layanan pengantaran dokumen administrasi kependudukan bagi warga yang telah berusia 17 tahun melalui kerjasama dengan Ketua RT

Pembayaran PPB melalui kader pajak (petugas dari Kalurahan) yang keliling ke padukuhan untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak.

Kalurahan Segoroyoso berupaya mewujudkan sebagai kalurahan dengan pelayana digital sesuai dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), serta sebagai kalurahan yang mandiri dan berbudaya sejahtera.

Program KAPERU (KK Baru untuk Pengantin Baru) merupakan inovasi pelayanan administrasi kependudukan berupa penerbitan KTP dan KK baru yang diserahkan bersamaan dengan Buku Nikah di KUA. Program ini bertujuan memudahkan pasangan pengantin baru dalam mendapatkan dokumen kependudukan secara cepat tanpa harus mengurus secara terpisah, sehingga lebih efisien dan praktis.

Ajang penghargaan ASN Berprestasi “Kartika Punggawa Projotamansari (KPP)” Berkinerja Tinggi. Adapun kategori yang dilombakan adalah :

  1. Kategori Jabatan Administrasi dan/atau Pengawas,
  2. Kategori Jabatan Fungsional dan/atau Pelaksana, serta
  3. Kategori Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Penyusunan kebijakan pemanfaatan portal aplikasi Bantulpedia bagi seluruh Perangkat Daerah.

Aplikasi berbasis Android untuk mengajukan pelayanan Cetak Surat Pemberitahuan Pajak Daerah terhutang PBB P2 secara online.

Pelayanan Lantip adalah pelayanan investasi dan perizinan yang cerdas/smart dengan memanfaatkan kemajuan teknologi IT. Mulai dari pendaftaran, verifikasi, validasi, tinjauan lokasi, penetapan retribusi, notifikasi ke pemohon, sampai dengan izin terbit secara bertahap akan dilakukan secara online, terintegrasi dan berbasis android.

Program Legalisir Online Mudah Akurat Simpel (Leontin Mas) merupakan inovasi layanan legalisir dokumen kependudukan yang dapat dilakukan secara online. Melalui sistem ini, masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ke kantor pelayanan, karena proses pengajuan hingga penerbitan legalisir dapat dilakukan secara cepat, mudah, akurat, dan transparan. Inovasi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik sekaligus memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Studio Inovasi Bantul atau dikenal dengan sebutan i-hub merupakan solusi yang berfungsi sebagai media kolaborasi antar aktor inovasi, pemerintah, pemerintahan daerah, maupun pemerintahan desa, masyarakat, dan para pemangku kepentingan pembangunan di daerah.

Manajemen Talenta di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul meliputi serangkaian kegiatan terencana dan terukur untuk mengelola PNS terbaik yang memiliki kualifikasi, kompetensi, dan kinerja optimal. Tujuan Manajemen Talenta:

  1. meningkatkan pencapaian tujuan strategis pembangunan Daerah dan peningkatan kualitas pelayanan publik;
  2. menemukan dan mempersiapkan PNS terbaik untuk mengisi posisi kunci sebagai pemimpin masa depan dan posisi yang mendukung urusan inti organisasi dalam rangka optimalisasi pencapaian tujuan organisasi dan akselerasi pembangunan Daerah;
  3. mendorong peningkatan profesionalisme jabatan, kompetensi dan kinerja talenta, serta memberikan kejelasan dan kepastian karier talenta dalam rangka akselerasi pengembangan karier yang berkesinambungan;
  4. mewujudkan rencana suksesi yang objektif, terencana, terbuka, tepat waktu, dan akuntabel sehingga dapat memperkuat dan mengakselerasi penerapan sistem merit sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Penyusunan masterplan sebagai dasar pembangunan tata ruang di kalurahan pleret yang mendukung keistimewaan Yogyakarta. Kegiatan ini menggunakan anggaran dari Danais.  

Rumah data adalah suatu tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan di tingkat mikro mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, memverifikasi, menganalisis data yang bersumber dari, oleh, dan untuk masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kalurahan aktif bermedia sosial sebagai upaya agar lebih dekat dengan masyarakat,danberbagai informasi dan kegiatan (Yt: Kalurahan Budaya Gilangharjo, Kalurahan Gilagharjo, Karang Taruna Aneka Krida, IG : Kal Gilangharjo, Gilangharjo Sadeyan (yang mewadahi Desapreneur) DSA Gilangharjo, FB: Kalurahan Gilangharjo, Twitter: Kalurahan Gilangharjo)

Program MOROLEGA (Mobil Operasional Layanan Administrasi Kependudukan Efektif Sekaligus Akurat) merupakan inovasi layanan jemput bola administrasi kependudukan yang disesuaikan dengan permohonan masyarakat. Melalui mobil operasional ini, pelayanan dokumen kependudukan dapat dilakukan lebih dekat, cepat, dan akurat, sehingga memudahkan masyarakat yang memiliki keterbatasan akses untuk mendapatkan layanan adminduk.

OpenSID adalah aplikasi pelayanan umum yang memuat fitur layanan surat, informasi publik, buku administrasi desa, surat keluar masuk, pemetaan (one klik dan geospasial), keuangan (SPJ), SPJ digital, E-Ponirah, WA Web blast, statistik, info kalurahan, SIGAP

Perekaman KTPel, update data KK dan KTPel plus tes golongan darah, kerjasama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bantul dengan Puskesmas se Kabupaten Bantul. Tujuan dari Inovasi Pagoda salah satunya adalah optimalisasi pelaksanaan pemeriksaan/tes golongan darah di Puskesmas untuk perekaman KTP el atau perubahan data di KK/ KTP el

PATAKASANDI SIPETARUNG merupakan fitur pengelolaan data tanah kalurahan dan sultan ground di aplikasi SIPETARUNG, untuk mengetahui titik-titik lokasi tanah kalurahan dan sultan ground.

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) adalah penyelenggaraan pelayanan publik di kapanewon yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat

Merupakan inovasi agar masyarakat dapat melakukan pengurusan administrasi kependudukan secara mandiri ke kantor Kapanewon Pundong. Terlaksana per 3 bulan dengan hadiah berupa bibit buah-buahan .

PBB Keliling merupakan inovasi pelayanan pajak yang dilakukan oleh Kalurahan dengan cara mendatangi langsung seluruh wilayah, sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan warga dalam membayar pajak, sekaligus mendukung target capaian pelunasan PBB hingga 100% setiap tahunnya.

Pelayanan kependudukan bebrbasis digital. Warga masyarakat dapat mengajukan layanan dengan cara mengakses website yang dikelola oleh padukuhan. (sampel padukuhan kadipiro. baru disosialisasikan tingkat RT). Warga yang sudah memperoleh layanan bisa mencetak dokumennya sendiri

Program Pelayanan Mobil Keliling merupakan inovasi layanan pembayaran PBB-P2 yang dilakukan melalui unit mobil keliling untuk menjangkau masyarakat secara lebih dekat. Layanan ini memudahkan wajib pajak dalam melakukan pembayaran tanpa harus datang ke kantor pelayanan, sehingga meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan kepatuhan masyarakat terhadap kewajiban pajak daerah.

Pelayanan Online merupakan inovasi persuratan berbasis digital yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp sejak tahun 2021. Melalui layanan ini, masyarakat dapat mengurus berbagai kebutuhan administrasi tanpa harus datang langsung ke kantor kalurahan. Inovasi ini memberikan kemudahan, kecepatan, serta efisiensi dalam pelayanan, sekaligus menjadi langkah nyata kalurahan dalam memanfaatkan teknologi untuk melayani warga.

e-Gilang merupakan aplikasi yang berisi konten untuk mempermudah pelayanan administrasi di desa Gilangharjo. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dapat membuat surat pengantar, kelahiran, kematian, dll tanpa harus antri di kantor desa. Pemohon hanya mendounload surat pengantar dari RT dan menguploadnya. Selanjutnya, pemohon dapat mengambil surat yang dibutuhkan di kantor balai desa.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu sejak 2017 dengan pelayanan terintegrasi satu pintu untuk pelayanna di Kantor Kalurahan Pendowoharjo

Pembinaan dan Pengawasan (Binwas) Kapanewon Kretek sebagai bentuk mewujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai prinsip Efisiensi, Efektivitas, Perbaikan kualitas pelayanan, Tidak menimbulkan konflik kepentingan, Berorientasi kepentingan umum, Dilakukan secara terbuka, Pemenuhan nilai kepoatuhan dan Dapat dipertanggungjawabkan.

Pembuatan Data Monografi Kalurahan Muntuk bertujuan untuk menyusun data dasar yang lengkap dan akurat tentang kondisi wilayah, kependudukan, potensi, serta sumber daya di Kalurahan Muntuk. Data ini menjadi acuan penting dalam perencanaan pembangunan, pelayanan publik, dan pengambilan kebijakan yang berbasis data. Melalui inovasi ini, Kalurahan Muntuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang transparan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Pemetaan Kalurahan Digital merupakan upaya digitalisasi batas-batas wilayah dari tingkat Kalurahan hingga Padukuhan. Program ini bertujuan untuk mempermudah administrasi, perencanaan pembangunan, serta pengelolaan data wilayah secara lebih akurat dan efisien.

Pemetaan tanah kalurahan dengan teknologis GIS untuk 5 kring di dalam Kalurahan dan 2 kalurahan di luar Pendowoharjo

SDGs Desa merupakan perbaikan data desa untuk memutakhirkan data Indeks Desa Membangun (IDM). Data yang dimutakhirkan meliputi:

  1. Level desa
  2. Level rukun tetangga
  3. Level keluarga
  4. Level warga

Tujuan pemutakhiran data SDGs adalah untuk memberikan informasi lebih banyak sebagai proses perbaikan. Data yang dimutakhirkan harus berdasarkan keadaan yang sebenar-benarnya. Status suatu desa akan ditentukan berdasarkan data yang dimutakhirkan, yaitu: Desa tertinggal, Desa berkembang, Desa mandiri.

SDGs Desa atau Sustainable Development Goals merupakan tujuan pembangunan yang ingin dicapai secara berkesinambungan bagi desa. Tujuan SDGs adalah:

  1. Tanpa kemiskinan
  2. Tanpa kelaparan
  3. Kehidupan sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan berkualitas
  5. Kesetaraan gender
  6. Air bersih dan sanitasi layak

Program pencegahan gelandangan dan pengemis di kawasan Pantai Parangtritis berbasis partisipasi masyarakat merupakan upaya Kapanewon Kretek dalam menjaga ketertiban dan kenyamanan kawasan wisata. Melalui keterlibatan aktif masyarakat, program ini bertujuan menciptakan lingkungan pariwisata yang aman, tertib, dan lebih berdaya saing.

Tanda Tangan Elektronik merupakan inovasi dalam penandatanganan dokumen secara digital yang memungkinkan proses persuratan menjadi lebih cepat, aman, dan efisien tanpa memerlukan tanda tangan manual.
Inovasi ini diterapkan di Kalurahan Srimulyo dan Segoroyoso.

Bahan penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD dan Rancangan Awal RPJMD dilakukan penyusunan draft Rencana Aksi Daerah Sustainable Development Goals (RAD SDGs) yang merupakan dokumen rencana kerja lima tahunan di tingkat daerah untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang secara langsung dan tidak langsung mendukung pencapaian SDGs yang sesuai dengan sasaran pembangunan daerah dan prioritas nasional. Draft RAD SDGs ini disusun melalui pendekatan partisipatif dengan melibatkan pemerintah, organisasi kemasyarakatan, pelaku usaha, filantropi, media, dan akademisi.

Pengembangan SID (Sistem Informasi Desa) mencakup jasa pembuatan dan pengelolaan konten website, pembuatan video dokumentasi, serta kolaborasi dengan Karang Taruna sebagai konten kreator. Melalui langkah ini, informasi desa dapat disajikan lebih menarik, kreatif, dan mudah diakses masyarakat, sekaligus memberdayakan pemuda desa dalam mendukung transparansi dan pelayanan berbasis teknologi.

Pengembangan Teknologi Informasi (Sistem Informasi) di Kalurahan dilakukan melalui pembuatan aplikasi dan pemanfaatan platform digital, seperti website kalurahan dan media sosial Facebook. Inovasi ini bertujuan mendukung pelayanan administrasi yang lebih cepat, transparan, dan mudah diakses, sekaligus memperluas jangkauan informasi bagi masyarakat. Dengan langkah ini, kalurahan semakin adaptif terhadap perkembangan teknologi dan mampu memberikan layanan yang lebih modern kepada warganya.

Pengembangan Web Desa (sabdodadi.id), merupakan pembuatan aplikasi baru yang mendukung layanan Kalurahan. Web tersebut berisi informasi publik, UMKM, Data Pembangunan,  Desa Mandiri Budaya dan Pelayanan Publik.

Pengurusan NIK (Nomor Induk Kebudayaan) merupakan inovasi yang bertujuan mempermudah masyarakat dalam memperoleh identitas kebudayaan. Melalui layanan ini, warga dapat mengurus dan memiliki nomor induk kebudayaan sebagai bentuk pendataan, pelestarian, sekaligus penguatan identitas budaya lokal. Inovasi ini diharapkan dapat mendukung pengembangan program kebudayaan serta menjaga warisan budaya masyarakat.

Penilaian capaian kinerja di lingkungan Sekretariat Daerah dengan indikator capaian fisik dan keuangan, kinerja persuratan dan kinerja PPID Pembantu. Penilaian evaluasi kinerja ini dilaksanakan setiap triwulan dengan tujuan memonitor dan memotivasi kinerja seluruh bagian di Sekretariat Daerah.

Dokumen yang digunakan sebagai acuan untuk mempersiapkan ruang desa sesuai dengan fungsinya sekaligus menjadi rencana induk pembangunan kawasan jangka panjang yang berorientasi membangun desa mandiri dan berdaya.

Penyusunan profil dan monografi kalurahan Potorono meliputi:

  1. Profil Dusun
  2. Monografi
  3. Data sosial ekonomi

Program Pesan Mas Beji (Pesantren Masyarakat Berbasis Masjid) di Kapanewon Kretek merupakan inovasi pembinaan keagamaan yang dilaksanakan oleh KUA Kapanewon Kretek dengan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan. Program ini bertujuan memperkuat pendidikan agama, mempererat ukhuwah, serta memberdayakan masyarakat melalui kegiatan keislaman yang berkelanjutan.

Program eksekusi Perda terkait SOTK Kapanewon dan UU Desa, mirip dengan fungsi pengawasan OPD yang dilakukan oleh Bappeda. Output program ini mengarah ke bidang pemerintahan, khususnya terkait pencapaian target anggaran dan kuantitas kinerja.

Program pelayanan PBB dan posko pembayaran dengan mobil keliling di padukuhan se-Kalurahan Pendowoharjo. Dalam satu tahun diwajibkan 2-3 kali di setiap padukuhan.

Program Posyandu Baru merupakan inovasi penomoran dan registrasi posyandu sebagai upaya penataan data dan identitas posyandu secara lebih tertib dan terstruktur. Dengan adanya registrasi ini, keberadaan posyandu dapat terdata dengan jelas sehingga memudahkan monitoring, evaluasi, serta peningkatan kualitas layanan kesehatan masyarakat.

Aplikasi ini dibangun sebagai salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan disiplin pemenuhan jam kerja ASN di Pemerintah Kabupaten Bantul. Hal ini dilakukan setelah evaluasi penggunaan sistem presensi sidik jari (finger print) yang diterapkan dan perlu dilakukan upaya lain yang lebih efisien dan efektif.

Saat ini, jumlah total pegawai di Pemerintah Kabupaten Bantul kurang lebih sejumlah 13.000 orang. Oleh karena itu, aplikasi presensi ini diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah kerja ASN dan memudahkan pengawasan jam kerja ASN.

PRIMAFIERA (Pembayaran Retribusi melalui ATM, Fintech, E-Retribusi Aman) merupakan pembayaran biaya retribusi perizinan secara online atau sistem pembayaran non tunai yakni lewat mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Bantul untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik agar prosedur perizinan menjadi lebih transparan dan akuntabel. Pembayaran retribusi non tunai dapat dilakukan untuk seluruh ATM Bank BPD DIY.

Program Aksi Simpatik merupakan layanan percepatan penerbitan Akta Kematian yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Program ini bertujuan memberikan kemudahan, kecepatan, serta kepastian administrasi kependudukan bagi masyarakat. Dengan adanya layanan ini, diharapkan hak-hak administrasi warga dapat terpenuhi secara lebih efektif.

Pemerintah Kalurahan Sriharjo bersama TIFA, Japan Initiative, dan Alterasi menyelenggarakan Program Review untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pemerintah kalurahan. Program ini bertujuan mengumpulkan masukan langsung dari masyarakat terkait efektivitas program pembangunan dan pemberdayaan. Proses evaluasi melibatkan berbagai pihak, termasuk evaluator independen dan warga penilai yang dipilih secara acak untuk mewakili beragam pandangan masyarakat.

IInovasi Review (Monev) Kalurahan Guwosari merupakan kegiatan peninjauan dan evaluasi terhadap berbagai program yang dijalankan pemerintah kalurahan, baik di bidang pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat. Program ini dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat serta mendapatkan pendampingan dari TIFA dan Japan Initiative, sebagai upaya memastikan setiap program berjalan efektif, transparan, dan sesuai dengan kebutuhan warga.
Melalui program ini, masyarakat dapat memberikan masukan langsung terkait pelaksanaan dan hasil berbagai program pemerintah, baik fisik maupun non-fisik. Hasil review digunakan sebagai dasar untuk memutuskan kelanjutan program, apakah akan dilanjutkan, diperbaiki, diganti pelaksanaannya, atau dihentikan. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari panitia penyelenggara, pegawai pengampu program, moderator, evaluator, hingga warga penilai. Evaluator merupakan pihak luar yang memberikan pandangan independen terhadap pelaksanaan program, sedangkan warga penilai adalah perwakilan masyarakat yang memberikan penilaian berdasarkan pengalaman dan perspektif mereka, sehingga diharapkan menghasilkan evaluasi yang objektif dan representatif.

Layanan Mediasi kepada masyarakat yang mempunyai indikasi permasalahan keluarga yang mengarah kepada perceraian, melalui kerjasama dengan Ketua RT

Rumah Mediasi merupakan inovasi layanan desa yang berfungsi sebagai wadah penyelesaian permasalahan sosial masyarakat melalui mekanisme mediasi. Proses penyelesaian dimulai di tingkat padukuhan, kemudian dilanjutkan ke tingkat kalurahan apabila diperlukan. Kehadiran Rumah Mediasi diharapkan dapat menciptakan solusi yang adil, damai, dan memperkuat kerukunan warga.

SAKTI (Siap Antar Akta Kematian) merupakan layanan Kalurahan yang memberikan akta kematian bagi warga yang meninggal, langsung diserahkan pada saat upacara pemakaman. Program ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2024–2025 untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan bagi keluarga yang berduka.

Layanan Program Pelayanan sosial dan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa/kalurahan untuk memberikan layanan transportasi darurat maupun non darurat kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya dalam hal rujuk medis, pemeriksaan kesehatan atau kegiatan kemanusiaan kepada warga melalui kerja sama dengan FPRB Talun Peduli

SAPA ASN Bantul dibangun untuk menciptakan perubahan dalam pelayanan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul. SAPA sendiri merupakan alat dari suatu perubahan sistem organisasi, business process, human resources development, dan standard operating procedure.

Inovasi dengan memberikan apresiasi terhadap tokoh masyarakat yang aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan memberikan motivasi terhadap Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra Pemerintah Kalurahan.

SETA merupakan aplikasi portal pelayanan digital milik Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul. Aplikasi ini akan mengarahkan pengguna ke aplikasi Sipentol, Linda, dan Andalalin untuk mendukung pelayanan yang lebih efektif.

SIADiK (Sistem Arsip Digital Kepegawaian) yaitu sebagai alat atau sarana berupa Aplikasi yang digunakan untuk mengalih mediakan arsip kepegawaian konvensional menjadi arsip kepegawaian digital

Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kalurahan (SIAKAL) adalah sebuah platform berbasis web yang dirancang untuk mendukung pengelolaan administrasi dan pelayanan publik di tingkat kalurahan secara digital. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan di tingkat kalurahan. Aplikasi ini merupakan penggabungan antara aplikasi Si Tuan Bermas, Si Lapor Peka, Simpamong

Tim SID Kalurahan Pendowoharjo memegang aplikasi yang diterapkan di Kalurahan, berkolaborasi dengan PPID Kalurahan Pendowoharjo untuk memegang admin website, facebook, instagram dan youtube.

Sistem Informasi Desa (SID) digunakan untuk mensosialisasikan kegiatan Kalurahan seperti live event Kalurahan yang terkoneksi dengan akun Youtube.

Sigadis Pentul adalah Sistem Informasi Kepegawaian Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul . Aplikasi tersebut adalah sebuah aplikasi berbasis web yang menangani urusan kepegawaian pada lingkup Dinas Dikpora. layanan kepegawaian yang ada pada aplikasi sigadis pentul antara lain:

  1. Kegiatan kenaikan gaji berkala (KGB) dengan tanda tangan digital;
  2. Kegiatan kenaikan pangkat sistem paperless;
  3. Kegiatan pensiun sistem paperless;
  4. Kegiatan insentif;
  5. Kegiatan tamsil;
  6. Kegiatan pembuatan surat tugas dan undangan;
  7. Kegiatan pengolahan data/layanan permintaan data dll.

SIM Potensi Investasi merupakan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang menggambarkan potensi investasi dalam bentuk Sistem Informasi Geografis (GIS).

SIMONE (Sistem Monitoring dan Evaluasi Kerjasama) merupakan inovasi yang dikembangkan Dinas Pariwisata untuk memantau dan mengevaluasi berbagai bentuk kerjasama di sektor pariwisata. Sistem ini hadir untuk memastikan pelaksanaan program berjalan transparan, akuntabel, dan terukur, sehingga hasil kerjasama dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat serta pengembangan pariwisata daerah.

Sistem Pelayanan Desa Bangunjiwo (SIPADES Bangunjiwo) adalah aplikasi pelayanna berbasis Android untuk melayani warga Kalurahan Bangunjiwo dalam mengajukan surat menyurat (Surat Keterangan, Pengantar Akta Kelahiran, Pengantar KTP, Pengantar Akta Kematian, SKTM, dll) tanpa harus mengantri di Balai Desa. Ada juga menu kritik atau saran dalam aplikasi ini, agar pemerinatah Kalurahan Bangunjiwo lebih maksimal lagi dalam melayani warga Kalurahan Bangunjiwo.

Inovasi “SIPANGKAT” (Silaturahmi Pajak Meningkat) adalah program jemput bola yang dilakukan Pemerintah Kalurahan Guwosari untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak daerah, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui sistem jemput bola.

SIPETUAH (Sistem Pelayanan Tunggu di Rumah) adalah inovasi pelayanan kependudukan yang mempermudah masyarakat dengan cara petugas datang langsung ke rumah warga untuk memberikan layanan administrasi, sehingga warga tidak perlu repot datang ke kantor Kalurahan.

Program SISIAKAL (Sistem Sinkronisasi APBKal) di Kapanewon Kretek merupakan inovasi pengelolaan keuangan desa dengan memanfaatkan aplikasi excel untuk sinkronisasi pendapatan kalurahan. Sistem ini membantu meningkatkan ketertiban administrasi, transparansi, serta mempermudah proses pencatatan APBKal.

Aplikasi yang digunakan sebagai sarana untuk mengidentifikasi pengadaan Perangkat Daerah serta kesesuaian input Rencana Umum Pengadaan dengan Anggaran perangkat daerah. Dengan SIMDAN, proses perencanaan bisa lebih transparan dan monitoring rencana umum pengadaan bisa lebih efektif. Login admin SIMDAN dapat dilakukan melalui https://simdan.bantulkab.go.id/

SID mampu memberikan informasi publik dengan sebaik-baiknya sekaligus menjadi instrumen pengolah data.

Sistem Informasi Desa (SID) dan Kelompik Informasi (KIM) Girimulyo merupakan program yang mendukung keterbukaan informasi publik dengan menyediakan infromasi berbasis web Kalurahan dan kegiatan masyarakat.

Pemanfaatan Sistem Informasi Desa di Segoroyoso adalah untuk media penyampaian informasi baik berupa pengumuman maupun berita tentang kegiatan di desa. Selain itu juga untuk kepentingan pelayanan dengan menggunakan aplikasi persuratan. Aplikasi ini memudahkan dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Sistem Informasi Kalurahan Trimulyo merupakan inovasi digital yang dirancang untuk memberikan informasi seputar kalurahan secara cepat, mudah, dan transparan. Melalui sistem ini, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan, berita, serta kegiatan kalurahan tanpa harus datang langsung ke kantor. Inovasi ini mendukung keterbukaan informasi publik sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga.

 

Berangkat dari banyaknya arsip dokumen keuangan (SPJ) dan dokumen kontrak serta arsip Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang jumlahnya ratusan di DPUPKP, memunculkan ide inovasi aplikasi SIKAPU.

Arsip-arsip ini merupakan dokumen yang penting, dan seringkali dibutuhkan secara mendadak dalam rangka pemeriksaan ataupun permohonan akses oleh masyarakat yang membutuhkan.

Demi mewujudkan temu kembali arsip yang cepat dan mudah, dibangunlah aplikasi SIKAPU ini. Selain memberikan kemudahan dalam temu kembali arsip, SIKAPU menjawab kebutuhan akan permasalahan penyimpanan dokumen yang aman dan hemat tempat karena dilakukan secara digital.

Sistem Informasi yang digunakan untuk memudahkan akses layanan publik Bagian Umum dan Protokol Setda Kabupaten Bantul meliputi layanan peminjaman tempat, layanan peminjaman kendaraan dan layanan bantuan sosial.

Si ULA adalah sistem informasi unit layanan administrasi. Aplikasi ini menyediakan satu layanan konsultasi dan 35 layanan administrasi yang diperuntukkan bagi para aparatur sipil negara. Untuk Badang Kesbangpol Bantul baru menggunakan Si ULA untuk layanan administrasi penerbitan surat keterangan terdaftar (SKT) ormas.

SISZORA bertujuan untuk memudahkan provider dalam melakukan proses pengajuan permohonan pendirian menara telekomunikasi di wilayah Kabupaten Bantul.

Aplikasi berbasis Android dan iOS untuk retribusi pengujian kendaraan bermotor. Pemilik kendaraan hanya perlu melakukan download aplikasi dan mengisi data diri dan data kendaraan. Melalui aplikasi ini, pemilik kendaraan bisa menentukan sendiri jadwal uji KIR sehingga bisa menyesuaikan waktu luang di tengah kesibukan. Jumlah biaya yang harus dibayarkan, kode booking, dan ID pelanggan juga langsung dapat diketahui melalui SIPENTOL. Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Bank BPD DIY untuk opsi pembayarannya. Aplikasi SIPENTOL dapat di download via https://play.google.com/store/apps/details?id=com.perhub.interglobal&hl=en.

Media interoperabilitas data dan informasi antar sistem.

Sistem Perizinan Online Terintegrasi (SIPOT) merupakan inovasi teknologi pelayanan perizinan non berusaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bantul, berupa aplikasi dengan sistem online (dalam jaringan) yang sudah terhubung secara teknis dengan aplikasi perizinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang mengeluarkan rekomendasi perizinan non berusaha. OPD Teknis yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Dinas Kesehatan
  2. Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD)
  3. Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Bank BPD DIY
  4. Dinas Sosial
  5. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
  6. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian g) Dinas Pertanahan dan Tata Ruang
  7. Kantor Pertanahan Bantul.

Adanya inovasi ini untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang kemudahan layanan dan kemudahan mendapatkan informasi perizinan sesuai dengan perkembangan era digital saat ini.

SMS/WA Hotline / Hotline Ambulance adalah layanan cepat tanggap dari kalurahan untuk membantu masyarakat dalam kondisi darurat, khususnya kebutuhan ambulance. Melalui layanan ini, warga bisa langsung menghubungi nomor hotline lewat SMS atau WhatsApp tanpa harus datang ke kantor kalurahan. Inovasi ini memudahkan masyarakat mendapatkan bantuan dengan cepat, terutama untuk layanan non-kependudukan seperti permintaan ambulance.

SPJ Digital di Kalurahan Srimulyo merupakan inovasi dalam pengelolaan laporan pertanggungjawaban keuangan yang didukung oleh aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Melalui sistem digital ini, pencatatan dan pelaporan keuangan menjadi lebih tertib, transparan, serta mudah diakses. Inovasi ini tidak hanya mempermudah aparatur desa dalam administrasi, tetapi juga meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dana desa kepada masyarakat.

Surat Bantul (Surban) merupakan aplikasi berbasis website dan mobile yang digunakan oleh seluruh Perangkat Daerah untuk mengelola tata naskah.

Program Sustainable Agriculture dari Dinas Lingkungan Hidup merupakan inovasi penerimaan retribusi PAD melalui sistem pembayaran digital berbasis QRIS. Langkah ini mendukung transparansi, efisiensi, serta mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi retribusi.

Tanda Tangan Elektronik untuk persuratan untuk persuratan merupakan inovasi layanan administrasi yang memanfaatkan tanda tangan elektronik dalam proses penandatanganan dokumen. Dengan sistem ini, persuratan dapat dilakukan lebih cepat, efisien, dan tetap sah secara hukum, sehingga pelayanan administrasi di kalurahan menjadi lebih modern dan transparan.

Watermelon merupakan singkatan dari Whatsapp Center Melayani Online sehingga Masyarakat dapat mendapatkan informasi dan mengurus administrasi dengan cepat,mudah dan jelas hanya dengan memasukkan kode tertentu

Web Pemerintah Kalurahan merupakan web resmi Kalurahan yang dapat diakses melalui https://www.panggungharjo.desa.id/.

Web Potensi Kalurahan merupakan website yang menampilan potensi Desa Panggungharjo seperti wisata, kuliner, kerajinan dan kesenian, Website dapat diakses melalui https://potensi.panggungharjo.desa.id/.

Website Sistem Informasi Geografi Kalurahan Bangunjiwo berisi tentang peta spasial Kalurahan Bangunjiwo Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul.

Pasar Blumbang kini memiliki wajah baru melalui website resmi. Inovasi ini lahir dari kerja sama antara Kalurahan Wirokerten dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).Anggaran program tidak hanya dialokasikan untuk pembuatan website, tetapi juga mencakup pendampingan kelembagaan, sehingga pengelolaan pasar tidak berhenti pada aspek digitalisasi saja, melainkan juga peningkatan kapasitas pengelola dan pedagang.Melalui website ini, Pasar Blumbang diharapkan semakin dikenal masyarakat luas, menjadi wadah promosi produk lokal, sekaligus mendorong transformasi digital di tingkat kalurahan.

Website Kalurahan Trirenggo (trirenggo.id) sebagai kanal utama untuk publikasi informasi dan pelayanan publik seperti regulasi, produk hukum, data APBKal, alur layanan masyarakat serta informasi pembangunan dan pengaduan publik.

Pembuatan video kawasan Kalurahan dan potensi kalurahan, sebagai sarana pengenalan dan promosi potensi Srigading.

Website SID (Sistem Informasi Desa) Jambidan merupakan media resmi desa yang menyediakan berbagai informasi terkait pelayanan, kegiatan, serta data desa. Melalui website ini, masyarakat dapat mengakses layanan administrasi, berita desa, hingga informasi pembangunan secara lebih cepat, transparan, dan mudah dijangkau.

Pemberian award kepada kader pajak Wijirejo, diharapkan pembayaran pajak PBB, pajak kendaraan bermotor, pajak restoran, hotel termasuk PLN yang akan melibatkan tim Kalurahan dapat berjalan optimal.