Dimensi Smart Governance



Aplikasi yang berfungsi untuk pengecekan tagihan PDAM Bantul dan dapat digunakan untuk membayar melalui merchant yang telah bekerjasama dengan PDAM.

Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH) DPRD
JDIH DPRD merupakan wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan tepat pada Sekretariat DPRD Kab. Bantul.

Merupakan aplikasi berbasis Android dan iOS untuk retribusi kpengujian kendaraan bermotor. Pemilik kendaraan hanya perlu melakukan download aplikasi dan mengisi data diri dan data kendaraan. Melalui aplikasi ini, pemilik kendaraan bisa menentukan sendiri jadwal uji KIR sehingga bisa menyesuaikan waktu luang di tengah kesibukan. Jumlah biaya yang harus dibayarkan, kode booking, dan ID pelanggan juga langsung dapat diketahui melalui SIPENTOL. Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Bank BPD DIY untuk opsi pembayarannya.

Aplikasi SIPENTOL dapat di download via https://play.google.com/store/apps/details?id=com.perhub.interglobal&hl=en.

SAPA ASN Bantul dibangun untuk menciptakan perubahan dalam pelayanan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul. SAPA sendiri merupakan alat dari suatu perubahan sistem organisasi, business process, human resources development, dan standard operating procedure. SAPA ASN dapat diakses melalui https://asn.bantulkab.go.id/

Aplikasi SEMAKIN (Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan) digunakan untuk memudahkan Bappeda dalam melakukan monev tanpa harus ke lapangan. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi-informasi bantuan terkait penganggulangan kemiskinan yang dikelola oleh pemerintahan daerah secara paralel, menampilkan peta secara detail mengenai data warga miskin berdasarkan No KK, menampilkan informasi bantuan apa saja yang diterima oleh setiap kepala keluarga, menerima input posisi dan foto rumah keluarga miskin melalui aplikasi mobile dan tersimpan langsung ke server, memudahkan untuk melakukan updating data master kemiskinan, dan dapat diakses oleh masyarakat umum untuk fitur informasi agregat mengenai kemiskinan secara umum.

Aplikasi yang digunakan sebagai sarana untuk mengidentifikasi pengadaan Perangkat Daerah serta usulan pengadaan barang/jasa khususnya metode tender dan tender cepat dari Perangkat Daerah ke Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul. Melalui SIMDAN, proses pengajuan pengadaan barang dan jasa menjadi lebih efektif dan efisien. Login admin SIMDAN dapat dilakukan melalui https://simdan.bantulkab.go.id/

Bantulpedia merupakan sebuah platform yang mengintegrasikan beberapa aplikasi layanan publik (30 Aplikasi) secara digital yang berbasis Website dan Mobile (Android & iOS). Sejak awal peluncurannya hingga saat ini telah diunduh sebanyak lebih dari 5.000 pengguna Android dan 200 pengguna iOS. Aplikasi ini dibangun untuk mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan layanan publik. Sebagai contoh melalui menu layanan kesehatan pada Bantulpedia, masyarakat dapat mengakses pendaftaran online di Puskesmas dan RSUD Kab. Bantul, mengetahui ketersediaan bed di RSUD Kab. Bantul dan mendaftar vaksin secara online.
Bantulpedia dapat diakses melalui:
Website: bantulpedia.bantulkab.go.id
Mobile: PlayStore (Android) dan AppStore (iOS)

Program pelayanan penyediaan data berbasis Web sub domain Kecamatan Jetis

Penataan kembali tanah-tanah atau kawasan dari segi tata ruang dan pemanfaatan ruang, output-nya sertifikat.

Simponi adalah Aplikasi yang dikembangkan untuk membantu stakeholder Dikpora, masyarakat dan pihak yang berkepentingan untuk melihat profil sekolah, kondisi siswa, profil siswa yang diupdate melalui data Dapodik, bekerjasama dengan Dinas Kominfo dan Pusdatin Kemendikbud. Di dalam aplikasi ini juga disajikan penerapan Kurikulum yang sedang dijalankan.

Directory Kebudayaan merupakan website yang dapat digunakan masyarakat umum untuk mencari informasi terkait objek kebudayaan di Kabupaten Bantul. Laman wed dapat diakses melalui kebudayaanbantul.bantulkab.go.id

Si ULA adalah sistem informasi unit layanan administrasi. Aplikasi ini menyediakan 1 layanan konsultasi dan 35 layanan administrasi yang diperuntukkan bagi para aparatur sipil negara. Untuk Badang Kesbangpol Bantul baru menggunakan Si ULA untuk layanan administrasi penerbitan surat keterangan terdaftar (SKT) ormas.

Si ULA dapat diakses melalui ula.kemendagri.go.id

Paten Berhadiah merupakan program dari Kapanewon Pundong untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat melakukan pengurusan administrasi kependudukan secara mandiri.

Sistem informasi pengawasan berbasis elektronik untuk meningkatkan kinerja pengawasan pada Inspektorat Kabupaten Bantul.

e-Audit dapat diakses melalui eaudit.bantulkab.go.id

Aplikasi Lantip (Layanan Terpadu Investasi & Perizinan) merupakan inovasi teknologi pelayanan perizinan dan non perizinan berupa perangkat elektronik dengan sistem online yang memiliki tujuan untuk mempermudah pemberian layanan bagi masyarakat yang lebih efektif dan efisien, serta dapat di akses di mana saja dan kapan saja, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor dinas untuk mendapatkan pelayanan dari aparatur pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bantul. Adanya aplikasi ini juga untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang kemudahan layanan dan kemudahan mendapatkan informasi sesuai dengan perkembangan era digitalisasi saat ini.

LANTIP dapat diakses melalui https://izinonline.bantulkab.go.id/

Portal data terbuka Kabupaten Bantul berisi data geospasial dari seluruh perangkat daerah Kabupaten Bantul dan Instansi Vertikal di Kabupaten Bantul yang dapat diakses secara terbuka dan dikategorikan sebagai data publik, dimaksudkan untuk memperbaiki tata kelola data demi terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pemerintah Kabupaten Bantul, serta mendukung pembangunan daerah.

Portal Geospasial/Geoportal dapat diakses melalui https://geoportal.bantulkab.go.id/

Portal data terbuka Kabupaten Bantul berisi data statistik sektoral dari seluruh perangkat daerah Kabupaten Bantul dan Instansi Vertikal di Kabupaten Bantul yang dapat diakses secara terbuka dan dikategorikan sebagai data publik, dimaksudkan untuk memperbaiki tata kelola data demi terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pemerintah Kabupaten Bantul, serta mendukung pembangunan daerah. Website Portal Satu Data dapat diakses melalui https://data.bantulkab.go.id/beranda/

Surat Bantul (SURBAN) merupakan aplikasi berbasis website dan mobile yang digunakan oleh seluruh Perangkat Daerah untuk mengelola tata naskah. SURBAN diakses oleh ASN dengan mengakses https://esurat.bantulkab.go.id/login

Program pelayanan KTP dan KK baru yang penyerahannya bersamaan dengan Buku NIkah KUA.

Pelayanan Perekaman KTP el didahului dengan tes golongan darah di Puskesmas.

Layanan Online dalam bentuk Aplikasi berbasis Android untuk mengajukan permohonan dokumen Adminduk (KTP el, SMART ON, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pindah Keluar, Pindah Datang, Perkawinan, Perceraian dan KIA).

Pelayanan Penerbitan Akta Kematian oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diberikan pada saat upacara pemakaman/ sebelum jenazah dimakamkan.

e-Retribusi Rusunawa merupakan wadah data yang terdiri dari data penghuni sampai dengan data pembayaran yg meliputi pembayaran retribsui sewa hunian, pembayaran rekening listrik, air dan limbah. 

e-Retribusi Rusunawa dapat diakses melalui laman https://e-retribusi.bantulkab.go.id/

Berangkat dari banyaknya arsip dokumen keuangan (SPJ) dan dokumen kontrak serta arsip IMB (ijin Mendirikan Bangunan) yang jumlahnya ratusan di DPUPKP, memunculkan ide inovasi SIKAPU.

Arsip-arsip ini merupakan dokumen yang penting, dan seringkali dibutuhkan secara mendadak dalam rangka pemeriksaan ataupun permohonan akses oleh masyarakat yang membutuhkan.

Demi mewujudkan temu kembali arsip yang cepat dan mudah, dibangunlah aplikasi SIKAPU ini. Selain memberikan kemudahan dalam temu kembali arsip, SIKAPU menjawab kebutuhan akan permasalahan penyimpanan dokumen yang aman dan hemat tempat karena dilakukan secara digital.

SIKAPU DPUPKP dapat diakses melalui sikapu.bantulkab.go.id

Pembayaran retribusi pasar dilakukan secara online untuk mengurangi penyelewengan retribusi pasar dan meningkatkan PAD serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar retribusi. E-Retribusi Pasar dapat diakses melalui https://e-retribusi.bantulkab.go.id/

E-Retribusi Pelayanan Persampahan dibangun dengan tujuan untuk mampu menyederhanakan alur pembayaran retribusi sampah sehingga masyarakat atau wajib retribusi merasakan kemudahan dan kecepatan khususnya dalam hal pembayaran. Sistem pembayaran retribusi persampahan dilakukan secara online melalui kerja sama dengan Bank BPD DIY, Gopay GOJEK. Laman retribusi diakses melalui https://e-retribusi.bantulkab.go.id/

ELSULTAN merupakan website layanan elektronik usul mutasi antar instansi di Kabupaten Bantul. ELSULTAN dapat diakses melalui https://asn.bantulkab.go.id/elsultan/

E-Survei IKM yang diampu oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul merupakan merupakan sistem untuk melakukan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik secara online.

JDIH merupakan website layanan informasi produk hukum dan jaring aspirasi masyarakat Kabupaten Bantul dalam usulan produk hukum yang diampu oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul. JDIH menjadi sarana yang memberikan layanan informasi produk hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, penyusunan usulan produk hukum serta proses konsultasi masyarakat dan ASN terkait hukum. Laman website JDIH dapat dikunjungi melalui https://jdih.bantulkab.go.id/.

Adalah aplikasi berbasis android untuk pengecekan tagihan PBB-P2, histori pembayaran PBB-P2 dan status layanan validasi BPHTB. Dengan LAPAK BANTUL, masyarakat dapat melihat data obyek pajak, tagihan dan histori pembayaran PBB-P2 serta status layanan BPHTB secara mandiri melalui aplikasi tanpa perlu datang ke kantor Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD). Download link LAPAK BANTUL melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lapakbantul&hl=en.

Adalah pelaporan pajak daerah self assesment oleh wajib pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir melalui aplikasi berbasis web service. Saat ini sudah berjalan pada 4 jenis pajak self assesment dengan pelaporan dan kode billing yang dapat dibayarkan pembayarannya pada Bank BPD DIY dan jaringan pembayarannya. Website E-SPTPD dapat diakses melalui https://pajakda.bantulkab.go.id/sptpd/v1/admin/login.

Bagian dari inovasi GETAR BAHANA yang dilaksanakan untuk memfasilitasi Perangkat Daerah dalam kegiatan penilaian dan penyusutan arsip.

GETAR BAHANA merupakan inovasi kearsipan yang meliputi: LARISA (Layanan Arsip Desa), SARTIKA (Sosialisasi Arsip Keluarga), ROSITA (Restorasi Arsip Statis), BALAP SEPEDA (Pembinaan dan Layanan Arsip Seluruh Perangkat Daerah) dan PEPES ARTIS (Penilaian dan Penyusutan Arsip Untuk Instansi).

Dampak dari inovasi ini adalah meningkatnya pelayanan kearsipan untuk masyarakat desa tentang arsip letter C serta peningkatan pemahaman pengelolaan arsip bagi arsiparis dan petugas arsip di seluruh Perangkat Daerah dalam lingkup jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul.

Robot uji kolong merupakan alat bantu bagi penguji untuk memeriksa, mendokumentasikan serta menampilkan hasil uji secara langsung dan transparan. Robot kamera ini dioperasikan dengan aplikasi android dan video hasil pemeriksaan tersimpan sebagai database. Robot sudah dijalankan untuk memeriksa mobil pada saat uji kendaraan dengan rata-rata 80-100 mobil per hari. Untuk tahun 2022, akan dilakukan penambahan jumlah robot untuk mempercepat pelayanan dan upgrade spesifikasi robot untuk meningkatkan kemampuan dari segi kamera, gerak dan sensornya.

Dampak dari inovasi ini adalah:

  1. Efisien waktu dalam pemeriksaan karena pemeriksaan cukup dilakukan melalui monitor.
  2. Transparansi dalam pemeriksaan dimana pemilik kendaraan atau pengemudi dapat melihat langsung kondisi kendaraannya melalui layar monitor tanpa ada pemalsuan hasil pemeriksaan.
  3. Hasil Pemeriksaan tersimpan dalam database yang dapat diakses ketika dibutuhkan.

Merupakan pelayanan dari Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) untuk pembayaran PBB-P2 melalui mobil keliling yang terkoneksi dengan payment gateway Bank BPD DIY. Layanan pembayaran PBB menjangkau sampai ke wilayah pedesaan, pola layanan pembayaran PBB menjadi proaktif dengan jemput bola mendatangi masyarakat. Pelayanan PBB tidak hanya pada hari dan jam kerja tetapi juga pada hari libur dan malam hari. Kepatuhan pembayaran PBB meningkat dan masyarakat bisa melakukan pembetulan PBB melalui layanan Mobil Keliling Pajak Bantul.

Merupakan peringatan dini via aplikasi kepada kepala Perangkat Daerah terkait deviasi baik fisik maupun keuangan di Perangkat Daerah tersebut. Pengambilaan data tersebut diambil dari aplikasi E-Sakip ROPK. Program yang diampu Bappeda ini bertujuan agar kepala Perangkat Daerah dapat menegtahui secara dini capaian fisik keuangan dari target yang di tetapkan setiap bulan/pertriwulan.

Pengarusutamaan SDGs (Sustainable Development Goals) sebagai bahan penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD dan Rancangan Awal RPJMD dilakukan penyusunan draft Rencana Aksi Daerah Sustainable Development Goals (RAD SDGs) yang merupakan dokumen rencana kerja lima tahunan di tingkat daerah untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang secara langsung dan tidak langsung mendukung pencapaian SDGs yang sesuai dengan sasaran pembangunan daerah dan prioritas nasional. Draft RAD SDGs ini disusun melalui pendekatan partisipatif dengan melibatkan pemerintah, organisasi kemasyarakatan, pelaku usaha, filantropi, media, dan akademisi.

Dampak dari program ini adalah:

  1. penyusunan dokumen RPJMD tahun 2021 - 2026 secara lengkap sudah dilandasi atas Hasil Evaluasi dan Proyeksi Capaian Pembangunan berdasarkan 17 goals dalam SDGs dalam artian kolaborasi antara prioritas tujuan global/internasional dengan tujuan dan sasaran pembangunan daerah dapat direncanakan secara sinergi dan berkelanjutan,
  2. dokumen RAD SDGs menjadi dapat dijadikan bahan penyusunan renstra Perangkat Daerah untuk periode 2021-2026 dalam kaitannya telaah SDGs; dan
  3. memudahkan Pemkab Bantul dalam hal pelaporan capaian SDGs ke Pemda DIY.
Pembuatan Leaflet terkait Prosedur Pelayanan Terpadu di kapanewon
Evaluasi tiap triwulan terhadap penyerapan APBDES
Program Penunjang Pelayanan PATEN, dengan pelucuran no WA 06126007055 untuk memudahkan akses layanan 24 jam bagi masyarakat .
Upaya untuk meratakan akses jaringan internet ke 22 (dua puluh dua) padukuhan yang ada di Kalurahan Srimulyo, terlebih dalam masa pandemi ini. Hal ini sebagai wujud dukungan atas penyelenggaraan pembelajaran daring sekaligus sebagai upaya menggeliatkan ekonomi digital warga masyarakat.
SIGAP merupakan produk inovasi yang dihasilkan dari proses mendata, menginventarisasi dan menyajikan administrasi pertanahan dalam bentuk SIG (Sistem Informasi Geografis). Aplikasi ini merupakan bentuk pengelolaan data administrasi pertanahan secara spasial. Tujuannya adalah untuk menyediakan informasi pertanahan yang komprehensif, reformasi birokrasi keterbukaan informasi pertanahan dan meminimalisasi konflik warga terkait pertanahan.
Saluran Aspirasi Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi atau e-SAMBAT adalah portal layanan pengaduan dan informasi yang disediakan oleh Pemerintah Kalurahan Srimulyo bagi warga masyarakat yang ingin memberikan laporan, pengaduan, saran dan kritik terkait segala hal yang terjadi di lingkungan. Layanan ini tersedia dalam bentuk aplikasi berbasis android yang dapat di download di Google Play Store. Saat ini, layanan diintegrasikan dalam satu aplikasi, yakni e-LASTRI.
Upaya kemudahan pelayanan administrasi kalurahan yang diberikan kepada warga masyarakat tanpa harus berdesak-desakan di kalurahan melalui aplikasi berbasis android. Warga masyarakat yang telah menginstal aplikasi ini dapat memilih dan mengisi form permohonan surat sesuai tertera dalam aplikasi lalu mengirimkannya kepada operator kalurahasn. Apabila dokumen persuratan sudah siap, operator akan memberikan konfirmasi pengambilan kepada masyarakat yang bersangkutan untuk mengambil surat dengan menunjukkan dokumen asli, termasuk surat pengantar dari RT/Dukuh. Dalam perkembangannya, aplikasi ini dilakukan upgrade dengan menambahkan fitur verifikasi data oleh RT dan dukuh secara online pula, sehingga ke depan pengantar RT dilakukan secara paperless.
Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat akan mendapatkan informasi tentang layanan perizinan, kemudahan akses, kemudahan prosedur pelayanan serta meningkatkan pelayanan dengan pelayanan satu hari terbit.
Jalur Utama (Backbone) fiber optik di Wilayah Pemerintah Kabupaten Bantul terbangun dengan Topologi RING (cincin) yang memiliki kelebihan yaitu mudah dalam pengaturan traffic dan distribusi Bandwidth ,Redundancy atau jalur jaringan alternatif dan peningkatan kualitas jaringan.
Media Interoperabilitas Data dan Informasi Antar Sistem.
Integrasi layanan data kependudukan bagi pelayanan tingkat Desa.
Pelayanan Legalisir Dokumen Kependudukan dengan cara mengirimkan scan dokumen yang akan dilegalisir ke Email Legalisir disdukcapil.kabbantul@gmail.com